Minggu, 26 Juli 2009

Daun Kumis Kucing Pelancar Kencing dan Obat Rematik


KUMIS kucing merupakan tumbuhan liar yang hidup di ladang, tepi sungai, atau tempat-tempat yang tanahnya lembab sampai ketinggian 700 meter di atas permukaan laut mdpl). Kumis kucing mengandung bahan ortosifonin, garam kalium, saponin, maupun tannin. Karena itulah kumis kucing bisa berkhasiat sebagai obat.



Ketua Sentra Pengembangan dan Penerapan Pengobatan Tradisional (SP3T) DIY dr Nyoman Kertia SpPD menjelaskan, tanaman kumis kucing mengandung bahan-bahan
kimia yang berfungsi sebagai obat tradisional secara turun temurun. Mulai dari di-uretik sebagai pelancar kecing, hingga obat untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

Di Indonesia, daun kumis kucing yang kering dipakai sebagai obat untuk memperlancar pengeluaran air kemih atau diuretik.

Sedangkan di India daun kering kumis kucing untuk mengobati rematik. Tanaman kumis kucing juga dipercaya oleh masyarakat sebagai obat penyakit sakit pinggang.
Berdasarkan literatur yang mencatat pengalaman turun-temurun dari berbagai negara dan daerah, kumis kucing dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut:

Infeksi kandung kemih (ukuran batu 5 - 10):
Sediakan beberapa helai daun kumis kucing, lalu direbus dengan setengah gelas air dan minum 2 kali sehari.

Sakit kencing batu:
Sediakan 4 - 7 daun kumis kucing, 7 tanaman meniran, rebus de¬ngan 2 gelas air hingga tinggal setengahnya, minum 3 kali sehari.

Batu kantung empedu:
Segenggam daun kumis kucing, sejempol kunyit, 7 helai daun ungu, 2 siung bawang putih, digiling, ditambah sepotong kayo manis. Rebus dalam satu setengah liter air hingga tinggal setengahnya. Minum air rebusan itu 2 kali sehari.

Pengobatan sakit encok dan asam urat:
Sediakan 4 - 5 helai daun kumis kucing,
4 - 5 tanaman meniran, rebus dengan bersih hingga
tinggal sete¬ngahnya.
Minum beberapa kali se¬hari.

Menghi¬langkan panas, lemba, serta masuk angin
Sediakan ku¬mis kucing se banyak 30-60 gram (kering)
Atau 90-120 gram (basah) direbus dan minum,
atau daun basah/kering diseduh sebagai teh.

Sakit bengkak kandung kemih:
Sediakan kumis kucing, planto asiatica (daun urat) dan Hedyotisdiffusa (rumput lidah ular) se¬muanya direbus, airnya diminum.

Infeksi saluran kencing, sering ken¬cing sedikit-sedikit (anyang-anyangen):
Sediakan kumis kucing, meniran (Phyllan¬thusurinaria), Commelina communis, ma¬sing-masing 30 gram, direbus. Diminum hingga. sembuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar